Wednesday, April 20, 2011

Best Experience During April

19-20 April 2011 = AWESOME! /wahaha

Gue sama sepupu gue Alfie Sekar Nadia kursus bikin cake di Bogasari di Bogor (yap itu produsen tepung terigu). Pertamanya gue gamau ikut tapi akhirnya gue terbujuk haha XD. Oke gue lemah sama cake.
Hari pertama tanggal 19 belajar teori pembuatan cake sama jenis-jenis cake. Ternyata pada dasarnya cake itu dibagi jadi 3 yaitu pound cake, sponge cake sama chiffon cake. Yang jadi pembeda diantara ketiganya adalah struktur cakenya, kalo pound cake perbandingan bahan 1:1 jadi cake rasanya padat. Kalo sponge cake itu telur dikocok sampe kaku dengan perbandingan bahan sekitar 2:1 jadi tekstur cake jadi tekstur cakenya ringan terus lembut. Kalo chiffon cake, putih dan kuning telur dipisah dan diaduk ditempat yang beda. Naaah cukup gampang kan bedainnya. Oke skip! /sweat

Yap yap hari pertama gue bikin brownies, orange cake sama chiffon cake. Ya ini termasuk cake dasar. (What? bikin orange cake itu ngebatin haha.. Bayangin aja itu orange cake harus dimixer selama kurang lebih 25 menit nonstop! Berasa gede sebelah kan lengannya haha super.)
     Pas dipanggang udah harap harap takut gagal.. Dalem hati berdoa "Mama itu kue jangan bantet.. Mama itu kue jangan gosong.." Itu gue lakuin dalam hati tapi kaki gue mondar mandir nungguin kue.. /omg

Dan hasilnya? Almost Perfect Alhamdulillah.. Setelah semua cake selesai gue sama sepupu nyobain cake-cake itu semuanya enaaak tapi entah kenapa efek dari cake cake itu adalah pusing-_- Beneran ini gara gara banyak disuruh nyoba pas masak, pas kuenya, jadi ini mulut berasa manis, parahnya berat badan gue nambah setengah kilo gara gara cake. Gawat-_- Cakenya emang ga bantet tapi efek bantetnya ada di gue..

Ini dia sebagian cake yang gue bikin tararara

Maaf yaa yang baru diupload cuma brownies sama orange cake. Lain kali gue share resep resepnya buat kalian hihi /XD

Hari kedua kita bikin swiss roll, black forest sama lapis surabaya. Dan hasilnya pun bagus, terharuuu.
Apakah gue ada bakat terpendam? Gue jadi ketagihan ini bikin kue apalagi pas keluarga nyoba dan bilang hasilnya semua enak.. Rasanya kayak puas banget habis bikin dan pengen ngelakuin lagi, yaa mungkin itu kesenangannya hihi. Thanks God saya punya kesenangan lain lagi dan bermanfaat buat saya kedepannya. Thanks juga buat para pembimbingnya walaupun ada yang galak tapi seru semuanya! Thanks juga buat Alfie yang bujuk bujuk gue buat ikut. Selama bulan April ini adalah pengalaman gue yang paling bagus.



Good night Readers /bye

3 comments:

  1. hehehe...liburannya jadi ga sia-sia tuh!
    kapan-kapan ajarin, ya, deani...

    ReplyDelete
  2. oke hehe kamu juga ajarin aku bahasa korea yaaa

    ReplyDelete
  3. hehehehehe... kapan2 bikinin aku ya... hohohohohohoho...

    ReplyDelete